Mediacracy

8 Nov 2013

df9e84db989e3d11815fb9309f5d387a_mediacracy

ilustrasi

Sekarang jamannya kepemerintahan yang berdasardaremedia, bukan kepemerintahan dari rakyat. Why?… because loe bisa amati aja masyarakat sekitar, media sangat mempengaruhi asumsi masyarakat yang ada. Pemberitaan media atau media berkata apa bisa menjadi opini publict/ opini masyarakat.

Apalagi sekarang eranya dunia virtual, yang dimana loe bisa dapet informasi atau kabar dengan cepatnya, and para pemilik media pun sekarang memiliki live tv, media online, ect. Itu semua demi konglomerasi media, yang akhirnya media berlomba-lomba dalam rating demi sekeping koin. Padahal media memiliki peran dalam, memberikan informasi secara subyektif, intertaint, edukasi, and pengontrol birokrat serta masyarakat.

Pada kenyataannya bisa loe liat apa yang terjadi sekarang, media dijadikan alat pencitraan politik, because pemilik media adalah tokoh atau pentolan dari partai tertentu, apalagi bentar lagi pemilu, beeeh yang namanya media massa banyak kali pemberitaan bulus atas nama pencitraan mengenai tokoh politik, and banyak juga pemberitaan yang berniat menjatuhkan lawan politiknya.

Gue sendiri merasa prihatin dengan media sekarang ini, any time beritanya korupsi, apalagi pagi-pagi gue nyetel tv beritanya korupsi lah, kerusuhan lah, yang padahal pagi tuh adalah waktu fress untuk memulai aktifitas dengan semangat, eeeh… Ini malah disuguhi berita yang bikin gregetan, coba beritanya yang positive-positive, pikiran kita positive auranya pun jadi positive juga kan.

Contoh kasus media sebagai pemerintahan, coba sudah berapa banyak orang yang menjadi korban iklan?… gini deh menurut loe cewe cantik atau yang ideal menurut pikiran loe tuh yang kaya gimana?… rambut lurus terurai, kulit putih mulus, bentuk bibir yang sensual, and terserah loe mau tambahin apa, intinya kalo orientasi loe soal cewe cantik itu sama kaya di iklan, tandanya loe kemakan sama tuh iklan. Untuk yang lainnya product sabun, kecantikan, pakaian, atau lainnya, apakah loe yang loe pakai itu berdasarkan iklan?… trus satu lagi media sekarang sebagai alat judgement siapa yang bersalah atas penderitaan rakyat salama ini. So jadilah opini publict siapa yang bersalah.

Intinya menurut gue media saat ini kebanyakan hanya mentingin rating demi sekoin recehan tanpa menghiraukan bagaimana dampak yang akan terjadi. So kita sebagai masyarakat yang cerdas harus cerdik dalam memilah-milah pemberitaan media, jangan sampai nantinya kita malah menyesal, kenapa gue milih ini, bukan yang itu :)

sumber foto: google


TAGS Artikel


-

Author

Follow Me